Senin, 06 Februari 2012

Meet N Greet With “Bule” From Aussie

What’s up Dude,
Sory doki Sob ,,,,,,,
lgi pngen gya dkit, coz biz ktmu ‘Bule’ ne,,,, hehehe…..
Tuk ksempatan post kli ne, Gw pgen crita tntang pngalaman Gw wktu ikut kuliah CCU gbung with ank2 SBI smwa angktan yg ngadain acra ktmu ma org ‘Bule” bwt bhas tentang kbudayaan.y mreka di negara asal’y sno, yg brlokasi di Lab Microteaching, Qta dbgi dlam 2 kelas, ya iyalah, msak mo dgbung smwa, sumpek lah Coey, mna tempat’y smpit tpi adem sich, heheh ….
Sore tu Gw msuk pling akhir, ngga’ akhir2 amat sich. Mpe dlem gue cri tuch tmend2 Gw pda dmna, Stlah Gw msuk slah stu klas, trnyata dpat cwe ‘Bule’ jek, Gw liat skeliling, eh ank2 ud pda mjok dblakang (mang pda pnter klo nyari cwe’sob ),
Lngsung aje ye, biasa awal jumpa pzti prknalan lah Sob, nama’y Kirrily (klo ngga’slah dnger), Dia dari Australia, lngsung dlam pkiran ane pzti Kangguru, Gedung Opera Sidney, Harry Kewell, Barbeque etc.  dan dsni Dia sdang ikut program dri LCT. Byak tmend2 yg pda ngasih prtyaan bwat si-Mbak’y ne, ada stu prtanyaan yg bqin Gw agk gmana gtu. Prtyaan’y klo ngga’ slah gni,  “ Apa Anda merasa seperti orang asing, ketika Anda berjalan di tempat umum ??” , dlam hati Gw, ya iyalah, pzti kyak orang asing, secara kulit’y aj beda bgt ma orang2 Qta, aplagi klo wrna’y kontras bgt (maaph yg trsinggung, ne cma cntoh kok, ngga btulan, heheheh ……) n’ ada jga prtanyaan yg intin’y nntang Si-Mbak’y bwat jdi tour guide yg mmpromosikan tempat2 wisata di Australia, tapi dngan bhasa Indonesia, wah gokil abiz tuch, klo ma Cinta Laura y 11-12 dech, yang bqin Gw trkejut, wktu Dia ngmong, klo sbagian kecil masyarakat di sna jga mngonsumsi dging kangguru, gile bner Gw bru tau tuch, ngga’ tkut pa di spah ma kangguru’y.
Stelah bbrapa tmend ngsih prtyaan, Gw jga ngga mau diam aj donk jek, So Gw jga ngasih prtanyaan, yg laen pke bhas Inggris, Gw pke bhasa Indonesia, secara bhasa inggris Gw ngga’ bgtu lncar n’ satu lagi ud di sedia’in transletor, kshan donk klo cma diem aj, hhehe….. d stu Gw ngasih bbrapa prtanyaan, inti’y yg dpet Gw ambil dri tnya jwab tu, klo orng Aussie kbyakan individualis (just stereotype Sob), mereka biasa srapan dngan sereal n’ susu, channel televisi’y ngga’ sbanyak di Indonesia, mereka lbih ska gya Amerika n’ Eropa, untuk para siswa’y mereka libur 3 bulan dlam setahun, mereka pnya tata kota yg bgus tpi ttep kna bnyak bncna (nama’y jga alam jek), mereka jga bnyak bljar byak bhasa pda jenjang pndidikan’y (sperti: Jepang, Mandarin, Indonesia), selain kangguru, bintang yang terkenal  di sna yaitu ‘whambat’ maaph klo ngga’ slah nulis (sejenis landak,tapi kaki’y lbih agk kcil), dsna jga trdpat tmbang emas yg ckup bsar.
Di Australia jga trknal dngan Bangsa Aborigin, yg merupakan penduduk asli di benua Australia, berikut merupakan definisi singkat dari Bangsa Aborigin Bangsa Aborigin adalah penduduk asli/awal benua Australia dan kepulauan disekitarnya, termasuk juga mencakup Tasmania dan kepulauan selat Torres. Bentuk fisik orang Aborigin mirip orang Papua, karena memang keturunan orang Papua yang menjelajah ke benua Australia, sekitar 40.000 tahun lalu. dalam perkembangannya, bentuk fisik mereka saat ini rata-rata lebih kecil dan lebih pendek dari orang Papua. rambut mereka juga keriting, namun sebagian warnanya sudah kemerah-merahan atau cokelat pucat, sedangkan warna kulit mereka gelap. Namun saying, bangsa Aborigin tidak begitu cocok dgan orang kulit putih yg sbgian bsar adalh pndtang. Bangsa Aborigin memiliki kebijakan khusus yang diterapkan oleh pemerintahan Australia, yaitu mendapat kebebasan untuk melakukan kgiatan perburuan dngan menggunakan senjata tradisonal (seperti boomerang), tapi tidak diperkenankan mnggunakan senjata api.
Tidak hanya brcrita mngenai kbudayaan yang brasal dari Australia. Dia jga brcrita mngenai pngalaman’y mengenal kbudyaan baru di Indonesia, khususnya di Salatiga. Pada awal bertempat tinggal di sni, Dia mrasa tidak nyaman dgan suara adzan di masjid ketika tiba wktu sholat, dan ketika brjalan2 di pasar tradisional, Dia merasa aneh dngan pdagang daging dan ikan yang brjualan bersma pedagang syur-syuran, yang menyebabkan bau tidak sedap yang tercium kemana-mana. Dia jga masih mengalami kndala untk berkomunikasi dgan bahasa Indonesia. Dia sangat suka batik dan ingin mempelajari’y. Pengalaman yang tak terlupakan yang di peroleh adalh pada saat Dia brjalan-jlan ke Candi Prambanan dan bnyak yg mnta foto dengan’y (brasa kyak artis Sob, hehehe….).
I think it’s enough ,,,
Mungkin tu aje yang dpat Gw smwa bwt Loe smwa tentang pngalaman Gw,  Hrapan’y post ne  bsa jdi tambh rferensi bwt Loe tntang mnngenal kbudyaan baru ,,,,,
terutama dri luar negri jek.
Smpai jmpa laen ksemptan, See y ………   

2 komentar:

  1. weittzz...banyak kalie jack...
    over all OKlah..
    pengalaman kmarin memang menarik bagi kita..
    kita jadi tahu bagaimana seh kehidupan dsana, dan bgaimana penilaian orang asing (orang Australia) menilai kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata pengalaman kita berbeda-beda yahhh....kita bisa bertukal pengalaman nihh. bgus sekali bpak yudy postingannya? gue suka gya loe...

      Hapus