Minggu, 15 Januari 2012

Sekilas Perjalanan Ke Pulau Dewata


Bicara mengenai pengalaman mengenal kebudayaan baru. Pengalaman tersebut Saya dapatkan ketika Saya mengikuti kegiatan study tour saat berada di bangku SMA. Pada waktu itu, pihak sekolah memutuskan Pulau Bali sebagai tujuan Kami selama 5 hari. Saya sangat senang, karena itu merupakan pengalaman pertama Saya pergi ke luar Pulau Jawa dan dalam hati Saya yakin akan mendapat pengalaman yang sangat berharga pada saat disana, terutama setelah mendengar cerita dari teman-teman lain yang mengatakan bahwa keindahan Pulau Bali atau yang sering disebut dengan Pulau Dewata. Kami menempuh perjalanan sekitar satu hari satu malam menggunakan bis untuk dapat sampai di Pulau Bali. Tidak hanya itu, Kami juga harus menyeberang menggunakan kapal feri sekitar setengah jam. 

Dalam perjalanan menuju penginapan, Saya banyak melihat pohon-pohon besar yang berdaun lebat yang menghias jalan di Bali dengan persawahan dengan sistem terasering yang tertata dengan baik. Sekilas dalam perjalanan tersebut, Saya  berpendapat masyarakat Bali sangat menghargai lingkungan di sekitarnya. 

Mayoritas Masyarakat Bali memeluk agama Hindhu. Mereka mempunyai kepercayaan terhadap banyak Dewa. Mereka biasanya melakukan ibadah di Pure-Pure secara bersamaan dalam seminggu sekali, dan di setiap rumah mereka terdapat tempat ibadah yang biasanya terdapat di luar rumah, masyarakat Bali juga sering memberikan sesaji di setiap pohon-pohon besar dan tempat-tempat yang sering dilalui oleh orang-orang.
Mengenai kuliner yang terdapat di Bali, tidak berbeda jauh dengan kuliner di Pulau Jawa pada umumnya. Masyarakat Bali gemar dengan masakan berbahan dasar babi, khususnya babi panggang, sehingga banyak ditemukan warung-waurng makan yang menyediakan kuliner dengan daging babi, mungkin hal ini dikarenakan masyarakat Bali tidak mengonsumsi daging sapi, karena sapi merupakan binatang suci bagi masyarakat Bali. Bali juga terkenal dengan minuman khas yang mengandung kadar alkhohol yang cukup tinggi, yaitu Brem dan Arak.
  


3 komentar:

  1. Ow begitu tha. Apakah sekarang kondisinya masih sama atau berbeda???

    BalasHapus
  2. Nice post kawan...
    Bali memang pulau yang indah dengan kebudayaan lokal yang sangat kental dan kentara. Biarpun saya pribadi sudah 2 kali pergi ke sana tetapi masih saja pengen ke Bali lagi.
    Mari bersama" kita menjaga kekayaan budaya nusantara.
    Keep Blogging and Posting.. :D

    BalasHapus
  3. yeach,,, it's nice ur experience,,, bali is one of island that have good scenery,, cultures, food taste ,, etc.. :-) i've been go to bali twice.. ehm,,, i wanna go there again,, :-)

    BalasHapus